Friday, January 14, 2011

Tips Makan Sehat

Hello Food Enthusiasts!

Sebagai penggemar makanan, pasti kita mau mencoba segala makanan yang rasanya bisa memanjakan lidah. Tapi kita juga harus ingat bahwa tujuan utama kita makan adalah untuk membuat badan kita sehat dan bugar. Makanan sebagai sumber energi bagi tubuh kita. Jadi, ada baiknya makanan yang kita konsumsi itu kandungan gizinya memenuhi standard untuk membuat tubuh kita selalu dalam keadaan yang sehat. Jangan sampai kita bertindak ngga adil sama tubuh kita sendiri. Memanjakan lidah, tapi ngga memperhatikan organ tubuh yang lain.

Nah untuk itu, pada postingan kali ini, aku bakal coba kasih TIPS MAKAN SEHAT untuk kalian supaya kita menjadi Food Enthusiast yang bijak pada kesehatan badan kita :)

These are the tips :
  1. Mari coba sesuatu yang baru
Sebagai penggemar makanan, kita pasti sudah ngga asing sama beberapa makanan dalam kemasan yang mengandung gizi yang baik bagi tubuh, seperti misalnya gandum, protein, dan sayuran yang sangat berguna bagi metanolisme tubuh kita. Cobalah makanan baru yang mengandung itu semua, karena dengan mencoba berbagai makanan yang sehat, kita juga bisa menemukan menu favorit baru. Tidak monoton dan yang paling penting adalah menyehatkan.


2. Mulai belajar untuk memperbanyak konsumsi gandum

Kenapa gandum? Karena gandum mengandung banyak serat yang berguna bagi tubuh kita. Gandum juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol loh! Bagi Food Enthusiast kayak kita kan rentan sekali mengalami kadar kolesterol yang tinggi. Selain itu, gandum juga bisa menahan kenyang lebih lama. Dengan mengkonsumsi gandum, berarti kalian sudah menambahkan kadar serat dalam makanan kalian. Gandum ngga selamanya ngga enak kok, bisa aja kalian sarapan cereal atau oatmeal,. Sekarang kan sudah banyak variasi oatmeal denagn berbagai rasa yang yummy! What a delicious way to maintain your health, right? :)


3. Jangan lewatkan sarapan kalian

Bagi Food Enthusiast yang on a special diet, inget ya, ADALAH SUATU KESALAHAN KALAU KALIAN SKIP SARAPAN DENGAN HARAPAN MENGURANGI KALORI. Kenapa? Karena ini bisa menjadi senjata makan tuan bagi kalian di saat kalian mengkonsumsi cemilan dengan kadar gula yang tinggi, karena tingkat energi kalian itu udah menurun akibat kekurangan pasukan energi dalam tubuh kalian. Sarapan yang sehat dan enak itu misalnya dengan makan semangkuk oatmeal, atau telur dengan roti gandum.


4. Bijaklah memilih makan siang kalian

Kebanyakan dari kita mungkin udah terbiasa mengkonsumsi fast food untuk makan siang. Fast food bukan berarti ngga sehat, tapi kalau dikonsumsi dalam jumlah banyak dengan intensitas yang banyak juga, akan berdampak buruk bagi kita. Bagi kita yang ngga punya waktu makan siang yang banyak, kita mungkin bisa mulai coba makan siang dengan menu salad dengan porsi mayonaise yang sedikit, atau burger dengan extra sayuran segar. Praktis, enak, dan yang terpenting adalah sehat!


5. Cobalah untuk memasak

Nah! Ini dia cara yang paling seru. Coba deh mulai memasak untuk bekal makan siang.. Atau masak untuk makan malam. Temukan deh etaoa menyenangkannya memasak makanan kita sendiri. Apa sih keuntungannya? Jelas kita bisa mengkonsumsi makanan sesuai keinginan kita sendiri, dengan selera kita sendiri, dan yang terpenting adalah TERJAMIN KEBERSIHANNYA. Ingatlah pepatah lama yang tidak pernah pudar artinya, BERSIH PANGKAL SEHAT! :)


Ok Foodlovers, itu semua adalah tips makan sehat dari aku. Coba deh mulai praktikan hal sederhana itu. Kapan lagi kalau ngga mulai dari sekarang? Kesehatan itu adalah hal yang paling mahal harganya. Sehat bukan hanya sekedar tidak sakit, tapi sehat adalah di mana seluruh komponen dalam tubuh kita bekerja secara maksimal! :) Semakin cerdik kita mengatur menu makanan kita, semakin sehat badan kita :)

Ok, ill see you on the next post, Food Enthusiasts!

No comments:

Post a Comment