Monday, January 17, 2011

The Sushi Maker : Sushi Shokunin

Today's post is all about Sushi :D!

Kali ini, bakal membahas tentang ahli Sushi!

Ahli Sushi, atau dalam bahasa Jepangnya adalah Sushi Shokunin, adalah sebutan terhormat untuk ahli sushi restoran di sushi tradisonal. Sushi Shokunin ini adalah pekerjaan yang terhormat dengan penghasilan yang tinggi.



Pada umumnya, Sushi Shokunin itu laki-laki, jarang banget perempuan, karena kesempatan menjadi Sushi Shokunin ini jarang sekali diberikan untuk perempuan. Sebenarnya ngga ada aturan tertulis di restoran-restoran Jepang kalau Sushi Shokunin itu harus laki-laki, tapi ini berasal dari tradisi kuno Jepang yang menyebutkan kalau laki-laki itu kedudukannya lebih tinggi dibanding perempuan. Tapi, ada juga nih alasan logis kenapa perempuan itu jarang atau ngga boleh jadi Sushi Shokunin, yaitu karena suhu tubuh laki-laki lebih rendah dibanding perempuan, selain itu perubahan fisiologis yang dialami perempuan setiap bulan membuat perempuan itu kurang sesuai untuk memegang hasil tangkapan laut yang rasa dan warnanya itu dipengaruhi sama suhu tubuh orang yang memegang.



Kalo di Jepang sendiri, restoran yang Sushi Shokunin-nya itu perempuan, biasanya kurang laku di pasaran. Hal ini terjadi karena alasan kehigienisan laki-laki lebih terjamin dibanding perempuan. Tapi, ada juga beberapa restoran sushi di Jepang sana yang Sushi Shokuninnya itu perempuan, tapi mereka dilarang keras untuk pakai kosmetik, kuteks, dan hal semacamnya.

Menurut cerita yang beredar nih, syarat untuk menjadi Sushi Shokunin itu berat loh, yaitu harus berpengalaman paling tidak 10 tahun, yaitu pelajaran mengepal (nigiri) selama 3 tahun dan menggulung (maki) selama 3 tahun. Sebenernya peraturan ini ngga tertulis, karena biasanya awal karier dari seorang ahli sushi adalah sebagai buruh membuat sushi yang dibayar per-jam. Seorang Sushi Shokunin juga dituntut untuk bisa memilih ikan segar di pasar.





Wow, ternyata keren juga ya para pembuat sushi itu :D Pantes aja sushi itu jadi terkenal di seluruh dunia, bahkan sampai Eropa&Amerika :)

1 comment: