Saturday, January 29, 2011

Curry's Story

Hey semua! Kita ke India yuk! Hehe. Bukan secara harafiah pergi ke India ya, tapi kita akan membahas salah satu kuliner khas India, yaitu Kari!

Kari adalah nama untuk berbagai jenis makanan yang dimasak dengan rempah-rempah hingga mempunyai rasa tajam dan pedas. Kari adalah masakan asal Indiayang telah meluas ke seluruh negara di kawasan Asia Pasifik dan Eropa.

Bumbu dan rempah-rempah yang digunakan untuk membuat kari sangat beragam dan tidak terbatas pada ketumbar, kunyit, merica, cabai, bubuk jintan, kayu manis, kapulaga, dll. Jenis rempah-rempah yang digunakan bergantung jenis kari dan negara asal masakan. Bubuk kari (curry powder) atau masala adalah campuran dari berbagai jenis bumbu dan rempah yang pertama kali dibuat oleh orang Inggris pada zaman Kemaharajaan Britania karena rindu dengan kari India.

Dalam bahasa Dravida, kari berarti sayuran dalam saus atau saus. Kata kerja karughi dalam bahasa Tamil berarti menggoreng dengan minyak banyak (atau membakar). Dalam sebagian bahasa-bahasa India Selatan, kari secara harfiah berarti lauk (berbagai macam masakan sayuran dan daging) yang dimakan bersama nasi atau roti. Di negara-negara Barat, curry telah menjadi kosa kata bahasa Inggris untuk semua jenis masakan khas Asia Selatan dan Tenggara yang dimasak dengan berbagai rempah-rempah.

Kepopuleran kari telah menyebar ke dunia. Setiap negara memiliki jenis kari khas yang disesuaikan dengan selera orang di negara itu. Kari telah menjadi makanan dunia, dan diadopsi ke dalam masakan Thailand, Inggris, dan Jepang.

Source : www.wikipedia.com

Banyak banget artikel tentang asal-usul makanan di http://lapar.com/makanplus loh! Nah, kalau mau makan enak tapi murah, buka deh http://lapar.com/ :D

No comments:

Post a Comment