Saturday, January 15, 2011

Ragam Cemilan Dingin Nusantara

Mungkin kita biasa makan eskrim, frozen yoghurt, dan sejenisanya. Nah, kalau itu kan "cemilan dingin" asal luar negeri, sekarang ayo coba kita mengenal berbagai "cemilan dingin" asli Indonesia! Rasanya ngga kalah seru sama "cemilan dingin" asal luar negeri! Sebagai Food Enthusiast asli Indonesia, kita wajib tau nih "cemilan dingin" asli dari negara kita tercinta!

Es Teler

Cemilan dingin yang satu ini udah pasti ngga asing lagi di telinga kita. Tapi sebenernya dari mana sih asal Es Teler itu? Dan sebenernya Es Teler yang asli itu gimana sih? Es Teler pertama kali diajakan oleh Ny Samijem Darmowiyono (70) asal Sukoharjo, Jawa Tengah, yang pada tahun 1967 berjualan es berisi aneka buah di Jalan Cilacap, Menteng, Jakarta Pusat. Beliau sendiri menamai racikan minuman esnya sebagai es campur. Isinya memang campuran berbagai macam buah, seperti kerokan kelapa muda, nangka, alpukat, kolang-kaling, nanas, pepaya, lalu dicampur dengan es dan susu kental manis. Seiring dengan berjalannya waktum Es Teler Ny Samijen ini dinamakan Es Teler Sari Mulia yang sekarang ada di kompleks Bioskop Megaria, Jakarta Pusat. Di areal itu, Es Teler Sari Mulia berjualan satu tempat dengan ayam bakar solo.
Nah, ada juga nih Es Teler di Jakarta yang sudah terkenal enaknya! Yaitu Es Sinar Garut yang ada di daerah Pecenongan, Jakarta Pusat. Harganya sekitar Rp 8.000,-


Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo ini adalah cemilan dingin asal Makassar yang bisa kita beli di restoran yang menjajakan makanan khas Makassar. Kalau di Makassar sendiri, hampir setiap ibu rumah tangga bisa bikin es pisang ijo. Pada dasarnya, di sana itu gampang untuk mendapatkan pisang yang enak-enak jadi banyak dijadikan macam-macam makanan, mulai dari kue sampai es. Es pisang ijo terbuat dari pisang raja utuh yang telah dikukus, dibungkus dalam gulungan lembaran adonan tepung beras dan pandan wangi. Kemudian, disajikan dengan es serut, sirop rasa pisang ambon, dan bubur santan secukupnya. Jika pisang dalam balutan adonan hijau tadi dipotong-potong, dalam semangkuk es pisang ijo terlihat banyak warna, yaitu : hijau, kuning, pink, dan putih. Meriah seperti warnanya, rasa es pisang ijo ini merupakan perpaduan dari legitnya pisang, gurihnya bubur santan, manisnya sirop, yang seluruhnya diselumuti dinginnya es serut yang segar. This is my all time favorite cold snack :D! Yumm!


Es Kacang Merah

Es khas Manado, Sulawesi Utara ini bisa didapatkan di restoran atau rumah makan yang menyajikan makanan khas Manado. Penyajiannya dari es kacang merah ini adalah, kacang merah rebus yang legit dan kuahnya disajikan dalam mangkuk, lalu disiram es serut dan susu kental manis putih secukupnya. Ada juga variasi es kacang merah yang menggunakan durian yang diletakkan di atasnya. Legit, manis, dan menyegarkan!

Gimana? Tenggorokan jadi terasa meronta-ronta ingin disiram sama segarnya cemilan dingin asli negara kita itu kan? Makannya, ayo coba sesekali berburu cemilan dingin Indonesia, yang dijamin bakal memanjakan lidahmu. Yumm!

Oya, kalau kamu emang mau nyobain es-es tersebut di atas, coba deh kamu mulai coba makan di resto-resto yang menjajakan makanan asli Indonesia, pasti mereka juga menjual cemilan dingin khas dari daerah masing-masing. Kamu bisa juga loh cari resto-resti itu di http://www.lapar.com/ atau di http://lapar.com/makanplus :)

Ok, ill see you on the next post!

No comments:

Post a Comment