Tuesday, January 18, 2011

Berries and Its Properties

Kamu pasti pernah kan makan buah beri? Etah itu strawberry, anggur, blueberry, blackberry, raspberry, dan lain-lain? Yepp, buah beri itu banyak banget jenisnya dan pastinya khasiatnya juga ngga kalah banyak! Nah, di postingan kali ini bakal dibahas tentang jenis dari buah beri yang sering kita jumpai beserta khasiatnya :)

Anggur
Loh? Memang anggur termasuk jenis buah beri? Yepp, anggur adalah salah satu jenis buah beri. Anggur adalah satu-satunya buah yang memiliki fruktosa alami dan glukosa (sekitar 15 %). Selain mudah dicerna, anggur juga memberikan banyak energi. Anggur juga mengandung asam resinic, tartrat dan mellic yang membantu untuk menjaga ginjal dan usus dalam kondisi sehat. Pengaruh alkali dari buah anggur yang baik untuk tubuh. Anggur juga mengandung vitamin, 1,3 mg besi, 0,8 persen per protein, kalsium 0,02 per persen, 10,2 persen per karbohidrat, lemak 0,1 per persen, 0,02 per dll. Nutrisi anggur itu juga baik untuk diet seimbang. Pulp dan jus anggur itu sangat baik bagi tubuh kita. Anggur juga baik untuk penglihatan dan membantu dalam kliring dahak.


Strawberry

Nah! Kalo yang satu ini emang udah ngga asing banget kan di lidah kalian? Selain rasanya yang asem-manis menggelitik, strawberry juga banyak lho khasiatnya! Strawberry adalah buah dari tanaman herba yang memiliki rata-rata 200 biji kecil per satu buah. Warna merah pada strawberry itu disebabkan oleh pigmen antosianin yang ternyata kaya akan antioksidan yang sangat berguna bagi tubuh kita. Strawberry juga kaya serat, rendah kalori, dan mengandung vitamin C, folat, kalium, dan asam ellagic.


Blackberry
Blackberry ini bisa dikonsumsi sebagai buah ataupun sebagai obat. Yang biasanya digunakan sebagai obat adalah daunnya. Blackberry juga ternyata bisa dijadikan obat tenggorokan, sariawan, dan radang gusi.


Cranberry

95% dari cranberry diproses menjadi produk seperti minuman jus, saus, dan manis kering cranberry. 5% dijual segar kepada konsumen. Cranberry in ijarang dimakan langsung karena rasanya yang terlalu asam dan juga sedikit pahit. Cranberry ini juga sering dibuat menjadi saus cranberry untuk masakan seperti muffin dan kue-kue lainnya.

Jadi, kalau udah tau khasiatnya, selain kita makan untuk pencuci mulut setelah makan berat, kita juga bisa mengkonsumsinya sebagai obat :)

No comments:

Post a Comment