Wednesday, February 16, 2011

Tips Penyimpanan Sayur dan Buah

Agar sayur dan buah lebih awet dalam penyimpanan. Terdapat beberapa cara untuk menyimpan beberapa jenis buah dan sayur agar bertahan lebih lama.
1. Bluberry dan anggur
Buah ini bisa bertahan 10-14 hari dikulkas dan agak lebih lama bila ditaruh di freezer, tetapi jangan mencucinya sebelum dimasukkan freezer.

2. Alpukat
Alpukat dapat bertahan 5 hari dikulkas, sebaiknya bungkus dengan Koran agar memperlambat pembusukan.

3. Kacang polong
Simpanlah kacang polong dalam wadah kedap udara agar bertahan lebih lama.

4. Buncis
Pilihlah buncis yang berwarna cerah. Anda dapat menyimpan buncis dikulkas selama 2-3 hari.

5.Taoge
Agar taoge lebih awet ditaruh dalam kulkas, rendamlah taoge dalam air. Taoge dapat bertahan hingga 3 hari.

6. Semangka
sebaiknya diletakkan di atas meja selama kurang lebih seminggu. Cara ini akan melipatgandakan kadar likopen dan beta-karoten semangka. Dan sehari sebelum dikonsumsi, simpanlah semangka dalam lemari pendingin. Hindari menyimpan semangka di dekat jenis buah lain. Semangka adalah jenis buah yang cepat rusak oleh etilen, gas alami dari buah yang dapat mempercepat proses pembusukan.

7. Tomat
sebaiknya disimpan di lemari pendingin dalam wadah yang kedap udara, terutama tomat yang sudah matang yang ditandai dengan warna memerah. Suhu dingin akan memperlambat perkembangan warna, rasa, dan nutrisinya. Hindari meletakkan tomat yang sudah matang di dekat sayuran lain. Sama dengan semangka, tomat sangat sensitif dengan gas etilen.

8. Sayuran hijau

sebaiknya dipastikan benar-benar kering ketika hendak disimpan. Bungkus dengan kertas tisu, lalu masukkan dalam tas plastik dan simpan di tempat bersuhu kering. Hindari menaruhnya berdekatan dengan buah atau sayur yang mengeluarkan etilen.

No comments:

Post a Comment