Wednesday, February 2, 2011

Hoka-hoka Bento, Merk Lokal Indonesia

Hoka-hoka Bento adalah sebuah Japanese Fast Food yang udah banyak menyebar di Jakarta. Mungkin kita selama ini berpikir kalau resto ini franchise dari yang ada di Jepang sana. Namun ternyata salah! Saat ini Hoka-hoka Bento sudah menjadi merk lokal Indonesia loh!

Adalah seorang Hendra Arifin yang pertama kali mengembangkan Hoka-hoka Bento ini di Indonesia. Bermula dari sebuah gerai mini di darrah Kebon Kacang, Jakarta. Hendra Arifin yang juga seorang pemilik PT. Eka Bogainti, waktu itu mendapat ide untuk memulai bisnis ini, karena pada saat itu, tahun 1985, belum ada resto cepat saji ala Jepang di Indonesia. Karena ingin menekuninya, ia kemudian melakukan studi banding ke Jepang dan membeli izin untuk menggunakan merk dan techincal assistance Hoka-hoka Bento di Indonesia.

Sampai saat ini, PT.Eka Bogainti lah yang memiliki hak cipta penuh atas Hoka-hoka Bento di Indonesia. Bahkan reto aslinya di Jepang pun sudah tidak ada.

Awalnya, konsep dari Hokben ini adalah take away namun kemudain berubah meniru budaya cepat saji di Jepang yang higienis dan praktis. Konsep fast food ini dinilai cocok untuk mesyarakat Indonesia yang memiliki keterbatasan waktu namun ingin tetap menjaga pola makan yang sehat.

Saat ini Hokben sudah memiliki 99 gerai yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Cilegon, Surabaya, dan Malang. Pihak Hokben juga sedang merencanakan pembukaan 1 gerai baru untuk menggenapkan jumlah gerai menjadi 100.

Sampai saat ini, Hokben tidak menganut sistem waralaba. Karena baginya yang terpenting adalah menjaga kualitas makanan dan layanan. Untuk meningkatkan pelayanannya, saat ini Hokben sudah memberkalukan sistem delivery service Hokben Delivery Service 500-505 yang dikenai biaya Rp 5000,- untuk sekali antar, dan tanpa biaya minimum pemesanan.

Untuk menunya, Hokben menawarkan Beef atau Chicken Teriyaki, Beef atau Chicken Yakiniku, Chicken Katsu, Ebi Furai, Ekkado, dll.

Jadi, kita sebagai prang Indonesia bangga dong sama Hokben ini. Kita doakan saja semoga merk ini mendunia seperti fast food Amerika lain :)

No comments:

Post a Comment