Tuesday, February 15, 2011

Makan Sehat di Hari Kasih Sayang

Happy Valestine’s Day, Food Enthusiasts! Semoga kita ngga hanya merasakan kasih saying hanya di hari ini saja, tapi setiap harinya juga harus bisa menyebarkan kasih sayang kepada semua orang di selotar kita.

Valentine identik sama makanan yang manis, seperti cokelat, permen, ice cream dan sejenisnya. Tapi seperti yang kita tau, makanan yang seperti itu tidak baik jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Kita juga bisa loh bikin hidangan di hari Valentine dengan bahan yang lebih sehat dan bermanfaat. Atau kalau berencana makan di restoran, pilih menu yang bahan-bahannya menyehatkan. Apa aja sih bahan makanan yang sehat itu? Ini dia..

· Kerang

Makanan ini sangat baik meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh. Mengandung vitamin B dan E yang sangat tinggi yang mampu membantu tubuh menjadi lebih bugar.

• Asparagus

Pada abad 19, pasangan pengantin di Perancis mengonsumsi 3 jenis makanan yang mengandung Asparagus saat resepsi. Dalam penelitian kesehatan, asparagus mengandung zat yang baik untuk tubuh antara lain potasium, serat, vitamin B 6, vitmain A, vitamin C, Thiamin, dan asam folik.

• Almond

Kaya akan vitamin E, magnesium, serat dan mampu meningkatkan kebugaran tubuh yang sedang loyo. Bangsawan kuno Alexander Dumas, selalu mengonsumsi sup almond sebelum bertemu dengan para selirnya.

• Alpukat

Bagi kaum hawa yang ingin meningkatkan hormon feminitasnya, konsumsilah buah yang satu ini. Tapi bagi pria pun buah ini bermanfaat untuk mendorong libido. Dalam ilmu kesehatan alpukat sangat baik dikonsumsi wanita hamil karena mengandung asama folic yang tinggi, vitamin B6, dan potasium. Selain itu juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kekebalan utbuh.

• Pisang

Biasa masuk dalam daftar camilan, minuman, dan lain-lain. Tapi buah yang satu ini mengandung nutrisi yang sangat banyak. Pisang mengandung potasium, magnesium, dan vitamin B. Pisang juga mengandung mineral, enzim bomelain, dan dianggap sebagai simbol kesuburan pria.

• Telur

Selain sebagai simbol kesuburan seperti pisang, telur mengandung vitamin B5 dan B6 yang dapat membantu Anda menyeimbangkan level hormon dan dapat memerangi stres.

• Stroberi

Warna merah dari stroberi merupakan simbol cinta, kebahagiaan dan kesehatan. Stroberi mengandung tinggi vitamin C dan antioksidan. Stroberi juga membantu mereka yang sedang meningkatkan kapasitas otot dan tubuh secara keseluruhan dengan efektif.

• Buah dan sayuran berwarna merah

Seperti tomat, semangka, cabai merah. Mengandung nutrisi seperti lycopen, asam ellagic, qurcetin, dan hesperdin. Nutrisi itu membantu tubuh mengurangi risiko terkena kanker prostat, menurunkan tekanan darah, mengurangi pertumbuhan tumor, mendesak radikal bebas dari tubuh, menghindarkan tubuh dari radang sendi.

• Buah dan sayuran oranye dan kuning

Contohnya jeruk, pepaya, nanas, peach, wortel, labu, lemon, ubi, dan aprikot. Mengandung beta karoten, zeaxanthin, flavonoid, lycopen, potasium, dan vitamin C. Nutrisi ini berfungsi mengurangi penyakit degenerasi dan risiko terkena kanker prostat, LDL, tekanan darah, menaikkan formasi kolagen dalam tubuh dan memerangi radikal bebas dalam tubuh.

• Biru dan ungu

Seperti bit, blueberry, cranberry, prune, anggur, blackberry. Sangat kaya akan antioksidan. Misalnya antosinanin yang melindungi tubuh dari serangan jantung dengan memperbaiki sirkulasi dan melindungi peredaran darah dari penyumbatan. Juga punya zat anti-aging phytochemical yang mempertahankan sirkulasi darah dan mengurangi berbagai efek kesehatan yang ditimbulkan makanan yang telah melalui proses kimia.

• Sampanye.

Disebut juga minuman cinta dan memperlancar peredaran darah, sehingga menghangatkan tubuh.

• Cokelat.

Mengandung zat yang membuat tubuh relaks, memperlancar fungsi organ dalam, dan menstimulasi aktivitas tubuh. Membuat perasaan nyaman saat melakukan kontak fisik seperti berpegangan tangan atau berpelukan.

• Vanila.

Aroma dan rasa vanila disebut mampu merangsang gairah. Jangan ngeres dulu. Gairah yang dimaksud bukan cuma soal seks, tapi rasa aktif dan semangat untuk memberi perhatian, membahagiakan pasangan.

• Piza.

Secara informal piza disebut sebagai makanan cinta. Penelitian yang dilakukan membuktikan topping piza yang mengandung tomat, bawang bombay, bawang putih, basil, zaitun, lada, dan cabai, merupakan rangkaian bumbu yang mampu memperbaiki suasana hati dan membuat pikiran relaks.

No comments:

Post a Comment