Friday, July 29, 2011

Ragam Jenis Teh Dan Khasiatnya

Ok, ini adalah tulisan saya beberapa hari lalu, dan kalian juga bisa membacanya di sini.

Minum teh itu seperti sudah membudaya di masyarakat kita. Setiap berkunjung ke rumah orang, kita sering disuguhi secangkir teh hangat. Sepertinya teh ini juga sulit untuk dilepaskan dari masyarakat kita. Seiring dengan berjalannya waktu, tidak hanya teh hitam aja yang kita kenal, sudah banyak ragam jenis teh lain seperti teh hijau, peppermint, dll. Ternyata, teh yang beragam ini juga memiliki manfaat dan khasiatnya masing-masing loh Foodlovers! Mari kita lihat bersama.

Teh Hijau


Teh ini sangat populer di Cina dan Jepang karena mampu melawan kanker. Teh ini diperoleh dari pucuk daun teh segar yang mengalami pemanasan dengan uap air pada suhu tinggi. Manfaat lainnya adalah untuk melangsingkan tubuh.

Teh Hitam

Teh ini mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler seperti kadar kolesterol, hipertensi dan stroke dengan cara mengkonsumsi teh sebanyak tiga cangkir setiap hari. Kandungan yang terdapat pada teh hitam seperti flavonoid, kaempfrol dan myricetin dapat mencegah kerusakan pembuluh darah akibat oksidasi kolesterol.

Teh Oolong


Teh ini mampu mencegah karies atau gigi berlubang karena mengandung catechin dan senyawa antimikroba.

Teh Putih


Kandungan antioksidan paling tinggi ditemukan dalam teh putih. Teh jenis ini dibuat dari tunas tanaman teh. Manfaat teh putih mampu mencegah efek penuaan dini, karena antioksidannya yang tinggi mampu melindungi dua protein yang menjaga elastisitas kulit yakni elastin dan kolagen.

Teh Peppermint


Teh peppermint memiliki rasa yang mirip balsam mentol. Sangat bermanfaat untuk mengurangi kontraksi otot perut yang meningkat pada saat terjadi iritasi pada usus.

Semoga dengan adanya informasi ini, kita jadi lebih tau mana teh yang tepat untuk kita. :)

No comments:

Post a Comment